Twitter

Cara Mudah Menjadi Seorang DJ (Disk Jockey)

Author Unknown - -
Home » Cara Mudah Menjadi Seorang DJ (Disk Jockey)

How To Be A DJ

I would like to share a little bit of knowledge about how the hell do I become a DJ?

Easy, only one key is learning and learning ...

There is now plenty of courses or school dj in big cities.

There are formal and some are private, just select which roughly corresponds to the needs :).

Find out as much about the school or courses. Starting from:

1.Price
2.Learning Time
3.Learning Period
4.Material
5.Facilities
6.Training
7.Certificate

Lets we review one by one:

1.Price

The more famous DJ school usually higher price range but in general the course fee ranging from 1,500,000 to above. There is such term money applies here, the higher the cost of the course, usually we get much facilities, such as senior mentors, job placement after the course, the best tools in studio DJs and prestige to the school because we learn. But not only that we can also learn private. DJs who already had many flying hours also accepted students who want to learn privately with friendly cost. Just try searching the info in the clubs closest to your place.
2.Learning Time








3. Learning Period
With an average of 26 sessions the student is able to use DJ tool and can be called as a DJ, menapa use not proficient? Because of proficiency takes no small amount of flight hours. Although there are tools that can be mastered only DJ in several meetings. Of the 26 meetings were split again into his study duration. There are meetings every learning just one hour. It can be confirmed before the course to where we want. There is also a learning one and a half hour duration even more. It all depends on where we learn. Generally the duration of the study and a half hour is enough because if over time can also make students bored.


4. Material

Lain padang lain ilalang, lain tempat kursus lain juga materi yang diajarkan walau pada akhirnya tetap bikin kita bisa jadi DJ.Materi yang biasa diajarkan meliputi:

1.Pengenalan Alat
2.Ketukan "Beat & Clap"
3.BPM (beat per minute) / Speed Hunting
4.Mixing
5.Leveling (Volume dll)
6.Framing

Setidaknya itu materi standard yang bakal diajarin mau kursus di sekolah atau privat. Ada juga variasi-variasi materi ajar yang lain tapi sampai nomor enam udah cukup sebagai materi dasar belajar nge-DJ.

5.Facilities
 Makin mahal makin nyaman, emang duit ga pernah bisa bohong. Kalau tempat kursus dengan biaya relatif mahal maka yang kita dapatkan juga banyak. Studio yang besar, alat-alat DJ dengan model macem-macem dll. Tapi inget satu hal, kita mau belajar nge-DJ jadi tempat yang murah dah biasa aja selama kita masih bisa fokus juga cukup koq.





6. Training
Banyak dari tempat-tempat kursus menyediakan training untuk murid-muridnya setelah dinilai cukup menguasai alat. Training ini ibarat PKL anak sekolah. Fungsinya ya biar ilmu yang kita pelajari bisa langsung dipraktekin dengan audience beneran dan ditempat beneran. Rasakan sensasinya saat kita mau pindahin lagu ke lagu yang lain apalagi kalau temponya beda, bisa bikin keringet dingin tiba-tiba segede jagung. Tenang aja itu cuma demam panggung biasa koq, makin sering kita maen makin bagus juga kontrol pikiran kita biar maennya jadi bagus. Training lepas kursus ada yang sekali ada juga yang beberapa kali ditempat yang beda-beda.

7.Certificate
Sama halnya kalau kita kursus bahasa inggris, kursus DJ juga ada sertifikatnya. Sertifikat resmi biasanya dikeluarin dari PDJI (Persatuan Disk Jockey Indonesia) dan terdaftar disana, tapi ada juga sertifikat langsung dari tempat kita kursus. Sertifikat bakal penting banget kalau kita mau kerja di luar negeri misalnya di kapal pesiar. Tapi jangan kecil hati tanpa sertifikatpun asal kita punya koneksi bagus bisa juga koq dapet kerjaan.

Kurang lebih itu gambaran sederhana kalau kita mau belajar DJ di tempat kursus. Selain belajar ditempat-tempat tadi kita bisa juga belajar sendiri nge-DJ. Apalagi kalau kita punya perlengkapan DJ sendiri. Di om google banyak bertebaran artikel-artikel tentang belajar jadi DJ. Biasanya website dari luar negeri yang banyak ngasi info soal belajar nge-DJ selain itu bisa juga searching di youtube video tutorial nge-DJ.

Nah pertanyaannya kalau kita ga punya alat DJ tapi masih mau belajar nge-DJ gimana caranya?. Tenang banyak jalan menuju roma,selama kita niat mau belajar pasti ada solusinya. Pakai software nge-DJ di komputer. Banyak aplikasi mixing lagu yang bisa dipakai. Contohnya:

1.Virtual DJ
2.Deckadance
3.Native Instrument Traktor Pro
4.Serato
5.Ableton
6.etc

Bakal dibahas lebih detail di artikel lain nanti.

Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa belajar sendiri dirumah. Tutorialnya juga banyak bertebaran di internet. Makin rajin browsing bakal makin pinter deh. So tunggu apalagi... Ayo kita belajar!!!